Saturday, 16 February 2013





Mezzanine atau Entresol adalah lantai perantara antara lantai-lantai utama bangunan. Mezzanine berasal dari bahasa Italia “Mezzano” yang artinya “tengah”. Dalam dunia arsitektur, mezzanine merupakan lantai yang berada di tengah-tengah antara lantai-lantai utama, seperti misalnya lantai 1 dan lantai 2 atau lantai 2 dan lantai 3. Mezzanine biasanya juga memiliki bentuk yang menyerupai balkon dan mempunyai atap atau langit-langit rendah. Istilah ini juga digunakan untuk balkon terendah dalam teater, atau untuk beberapa baris pertama kursi di balkon

Mezzanine ini tidak dihitung sebagai lantai suatu bangunan. Mezzanine juga bisa berupa tambahan selasar yang dibuat dari konstruksi yang sama dengan lantai lainnya. Mezzanine bisa juga berbentuk seperti balkon dengan atap atau langit-langit yang rendah.



Lantai mezzanine bisa dibuat dengan menggunakan struktur baja atau kayu. Bisa juga menggunakan lantai kayu atau panel lantai yang dibuat dengan cara prefab atau dibuat di pabrik. Ukuran lantainya juga tidak penuh karena hanya dirancang sebagian dari luas bangunan yang sudah ada. Posisinya dibuat sejajar dengan ruang yang lain dan berada pada lantai yang sama. Konsep ruangannya pun lebih terbuka karena biasanya tanpa sekat atau pintu.

Lantai mezzanine terproyeksi sendiri dari dinding dan tidak sepenuhnya menutup pandangan dari langit-langit dari lantai tepat di bawah. Singkatnya, lantai mezzanine dan lantai di bawahnya berbagi langit-langit yang sama. Lantai Mezzanine sering terletak di antara lantai dasar dan lantai atas, tetapi tidak biasa untuk memiliki mezzanine di lantai bagian atas bangunan (bukan dari lantai dasar).



Dalam aplikasi industri, sistem lantai mezzanine adalah sistem lantai semi permanen biasanya dipasang dalam bangunan, dibangun antara dua lantai permanen. Struktur ini biasanya berdiri bebas dan dalam kebanyakan kasus dapat dibongkar dan dipindahkan. Struktur mezzanine komersial umumnya terbuat dari tiga bahan utama; baja, aluminium, dan fiberglass. Dek atau lantai mezzanine akan bervariasi oleh aplikasi, tetapi umumnya terdiri dari b-deck underlayment dan produk lantai kayu  atau baja heavy duty, aluminium atau fiberglass grating

Mezzanine sering digunakan di toko-toko dan ruang yang sama untuk penyimpanan alat atau bahan. Atap tinggi toko sangat ideal untuk mezzanine, dan kantor dapat diletakkan baik di bawah atau di atasnya. Mezzanine sering digunakan dalam operasi industri seperti pergudangan, distribusi atau manufaktur. Fasilitas ini memiliki langit-langit yang tinggi, memungkinkan ruang yang tidak terpakai untuk digunakan dalam ruang vertikal.



0 comments:

Post a Comment