Saturday 23 February 2013

Konstruksi Menara Eiffel, Perancis


Menara Eiffel adalah sebuah menara besi yang terletak di samping Sungai Seine di Paris. Ini adalah salah satu struktur yang paling dikenal dan populer di dunia. faktanya ini adalah salah satu landmark yang paling spektakuler di Paris. Dinamai setelah perancangnya, insinyur Gustave Eiffel, Menara Eiffel adalah bangunan tertinggi di Paris. Lebih dari 200.000.000 orang telah mengunjungi menara ini sejak pembangunannya tahun 1889.



Dibangun ntuk pameran universal tahun 1889, untuk menandai seratus tahun revolusi Prancis, Journal Officiel meluncurkan kompetisi utama untuk mendirikan sebuah menara besi di Champ-de-Mars. Menara ini akan memiliki dasar persegi, 125 meter di setiap sisi dan 300 meter. "Usulan proyek oleh pengusaha Gustave Eiffel, insinyur Maurice Koechlin dan Emile Nouguier dan arsitek Stephen Sauvestre terpilih dari total 107 kandidat.



Rencana proyek dimulai tahun 1884. Dikarenakan halangan yaitu demonstrasi masyarakat dan kalangan intelektual, pembanguan menara dimulai pada tahun 1887 dan selesai 26 bulan kemudian pada tahun 1889. Telah direncanakan menara ini akan dirobohkan setelah berlangsungnya pekan Pameran Dunia 1900. Akan tetapi, percobaan berhasil dari transmisi radio yang dikendalikan oleh Angkatan Bersenjata Perancis sebelum hari pemugaran akhirnya menyelamatkan menara Eiffel.

Desain

Lima puluh insinyur dan desainer menghasilkan 5.300 gambar, dan lebih dari 100 pekerja yang memproduksi lebih dari 18.000 bagian menara yang berbeda di bengkel132 pekerja lapangan berkumpul langsung di area konstruksi.



Bekerja pada pondasi menara dimulai pada tanggal 26 Januari 1887 dan menghabiskan waktu lima bulan, dengan para pekerja menggunakan sekop saja. Reruntuhan dibawa pergi oleh gerobak yang ditarik oleh kuda dan lokomotif uap. Pondasi terdalam berbaring hanya 15 meter di bawah tanah. Kaki-kaki menara yang ditetapkan di masing-masing parit dasar (empat pondasi di batu, yang didukung empat pilar, yang dikenal sebagai frame truss).




Perakitan lantai pertama. Kesulitan untuk menentukan perakitan lantai ini terletak pada titik tolak di dasar frame truss. Material harus diposisikan pada sudut miring sehingga akan memenuhi balok horizontal pada lantai pertama. Untuk mencapai hal ini, para insinyur menggunakan dongkrak hidrolik untuk memindahkan masing-masing "kaki" dan mendirikan sistem perancah (scaffolding) yang kita kenal sekarang, di atas sejumlah kotak pasir yang dikosongkan untuk mengatur kemiringan dari frame truss.


Lantai kedua dirakit dengan crane yang mengambil jalur yang sama dengan lift. Semua bagian dibangun di bengkel Eiffel di Levallois. Menara ini dipasang agak seperti Meccano® (mainan susun kerangka) raksasa dengan presisi yang luar biasa, yang merupakan inovasi utama pada saat itu. Dari Lantai kedua ke lantai ketiga, para tukang kayu bekerja dengan luar biasa dan tidak ada satu pun kecelakaan fatal selama masa konstruksi.


Monumen ini diresmikan pada tanggal 31 Maret 1889. Pada hari itu, Gustave Eiffel menaiki 1.710 tangga Menara menanam bendera Prancis pada puncaknya. Dia diikuti oleh para anggota Dewan Paris, termasuk Emile Chautemps, Presiden Dewan Kota Paris. Menara Eiffel adalah bangunan tertinggi di dunia sampai tahun 1929, ketika Chrysler Building di New York dibangun dengan puncak 319 meter.

Tahapan Konstruksi

Bahan yang digunakan : Besi baja dikaitkan dalam bentuk persilangan dari 18.038 biji yang diperkuat dengan 2.500.000 paku. Kerangka dari karya Gustave Eiffel ini tahan angin dan walaupun bahannya dari besi, berat menara hanya 7.300 ton.


Tahap awal konstruksi

Konstruksi pilar
Empat pillar utama mulai terbentuk





Menara Eiffel pada desember 1888
Menara Eiffel selesai dibangun maret 1889

Data Konstruksi

  • Pemimpin Proyek : Tuan Gustave Eiffel dibantu oleh, antara lain, para insinyur Maurice Koechlin dan Emile Nouguier serta Stephen Sauvestre sebagai arsitek.
  • Empat pilar Menara Eiffel berdiri di sebuah alun-alun yang berukuran 125 meter di setiap sisi. Pilar pilar tersebut berorientasi sejalan dengan 4 poin utamanya.
  • Tinggi : Dari tanah sampai tiang bendera, tingginya 312.27 meter pada tahun 1889, sekarang 324 meter dengan antenanya. Saat ini, berbagai perusahaan televisi Perancis memasang antena mereka di puncak Menara Eiffel.
  • Struktur besi berbobot 7.300 ton.
  • Total berat: 10.100 ton.
  • Jumlah paku keling yang digunakan: 2.500.000.
  • Jumlah bagian besi: 18.038.
  • Biaya konstruksi: 7,799,401.31 franc emas Perancis 1889.
  • Jumlah tangga : 1.665 tangga bagi pengunjung yang senang olah raga. Ada 2 buah lift yang naik ke tingkat dua dimana bisa ditemukan berbagai toko suvenir.



referensi

No comments:

Post a Comment