Thursday, 31 January 2013

Pengenalan Alluminium Composite Panel (ACP) Dan Keunggulannya


Alumunium Composite Panel (ACP) adalah merupakan material perpaduan antara plat Alumunium dan bahan composite. Aluminium Composite Panel ( ACP) dapat digambarkan sebagai panel datar yang terdiri dari inti berbahan non-aluminium yang disatukan diantara dua lembar aluminium. Lembar aluminium dapat dilapisi dengan cat PVDF atau Polyester.
 
Jenis ACP menurut lapisan catnya terdiri dari 2 macam, yaitu jenis Polyester (PE) yang biasa banyak digunakan untuk interior, dan jenis PVDF (Poly Vinyl De Flouride) yang biasa di gunakan di eksterior, karena jenis ini tahan segala jenis cuaca,sehingga lapisan warna dapat bertahan lebih lama dibandingkan dengan jenis Polyester.
 
 

 
Alumunium Composite panel memiliki sifat dan daya tahan yang kuat terhadap air dan berbagai macam cuaca,oleh karna itu Alumunium Composite panel banyak digunakan sebagai panel pelapis dinding dari suatu bangunan baik di in door maupun out door, selain untuk aplikasi dinding Alumunium Composite Panel juga dapat di gunakan dalam berbagaimacam aplikasi salah satunya sebagai perangkat interior dan exterior.
 
Aluminium Composite panel terdiri dari berbagai macam warna sesuai dengan permintaan, ketebalan alumunium composite panel umumnya 4 mm. Aluminium composite panel, membuat gedung lebih menawan dan terkesan mewah.

 
ACP sering digunakan untuk:
  • interior dan exterior bangunan baru atau lama
  • gedung bertingkat tinggi (high rise building)
  • SPBU
  • pertokoan (ruko)
  • dealer otomotif 
  • papan iklan
  • billboards
  • display unit
  • kamar mandi, dll.  
 

Keunggulan

Keunggulan dari bahan composite ini adalah beratnya yang lebih ringan tetapi dengan kekuatan yang lebih tinggi, tahan karat, dengan biaya perakitan yang lebih murah karena berkurangnya jumlah komponen perakitannya dan tidak memerlukan baut-baut penyambung.

Sifat dasar aluminium composite panel adalah keras dan kaku tetapi ringan dalam berat. Dilapisi aluminium yang dapat diwarnai dengan bermacam – macam warna. Aluminium composite panel dipakai secara luas dengan atau tidak dengan warna metalik, juga dapat memakai pola warna imitasi dari material lain seperti kayu dan marmer.
 
 
 
 
Aplikasi Alucopan tidak terbatas pada bangunan tinggi eksternal, tetapi juga dapat digunakan dalam bentuk apapun seperti partisi, langit-langit buatan dll. Aluminium Composite Panel juga banyak digunakan dalam industri furniture untuk penampilan yang lebih elegan. ACP juga secara luas digunakan dalam industri signage sebagai bahan alternatif menggantikan bahan substrat yang lebih berat dan mahal.
 
 
 
Aluminium Composite Panel sanggup memberikan nilai tambah pada bangunan atau gedung yang menggunakan Aluminium Composite Panel. Pemesanan dan pengaplikasian Aluminium Composite Panel yang mudah serta warna-warni yang terdapat pada produk ini membuat banyak kontraktor / developer berminat untuk mempertegas kesan dari bangunan/gedung yang mereka kerjakan. Selain itu dengan harga Aluminium Composite Panel yang terjangkau, bangunan / gedung pun memiliki nilai tambah dan semakin megah.  
 
Aluminium Composite Panel dewasa ini sangatlah populer karena perawatannya sangat mudah dilakukan, Alumunium composite panel dapat dibersihkan kembali apabila sudah terlihat kotor.

5 comments:

  1. Ohh begitu ya pak, terima kasih infonya sangat bermanfaat,. Boleh dilain waktu berbagi ilmu di rumah makan padang

    ReplyDelete
  2. wah.. membantu sekali, makasih yah om.. :D

    ReplyDelete
  3. Pak.. grade ACP saya bisa tahu dari mana ya?

    ReplyDelete
  4. Terima kasih banyak. Informasinya sangat bermanfaat buat kami. Kebetulan kami sedang membangun Rumah Sakit yang penyelesaian exteriornya menggunakan ACP.

    ReplyDelete
  5. Terima kasih banyak. Informasinya sangat bermanfaat buat kami. Kebetulan kami sedang membangun Rumah Sakit yang penyelesaian exteriornya menggunakan ACP.

    ReplyDelete