Thursday, 4 September 2014

Abu Batu Sebagai Material Konstruksi

Abu Batu Sebagai Material Konstruksi

Abu batu merupakan agregat buatan. Agregat yang yang merupakan merupakan mineral filler/pengisi (partikel dengan ukuran < 0,075 mm), diperoleh dari hasil sampingan pabrik‐pabrik semen atau mesin pemecah batu. Material jenis ini banyak dibutuhkan untuk campuran dalam proses pengaspalan dan bisa digunakan sebagai pengganti pasir. Material ini adalah bahan utama dari pembuatan gorong-gorong dan Batako Press.

Abu Batu Sebagai Material Konstruksi

Abu batu saat ini merupakan bahan hasil sampingan dalam industri pemecahan batu yang jumlahnya tidak sedikit. Saat ini di kota kota besar abu batu tidak begitu laku untuk dijual karena pemakaian dalam industri konstruksi tidak banyak mengingat konstruksi perkerasan jalan dengan Lapen sudah banyak beralih ke lapisan aspal beton. Namun pada beberapa daerah material ini masih tetap dipakai dan menjadi kebutuhan terutama dalam pekerjaan perkerasan jalan aspal.

Perkerasan Lapen yang biasanya dilakukan penaburan lapis atas dengan abu batu dapat diganti dengan pasir, sehingga abu batu pada stone crusher menjadi bahan limbah yang harus diupayakan penanganannya. Pada bendungan tipe rockfill, embankment Shell (pelapis timbunan) biasanya terdiri dari material random (campuran) atau abu batu yang berfungsi sebagai pengisi antara struktur dan lapisan kedap air.


2 comments:

  1. wah kurang piknik nih, abu batu itu material penting dalam pengaspalan
    dan jalan di pelosok itu masih sangat banyak, yang mana menggunakan perkerasan aspal bukan beton

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke terima kasih atas masukannya pak Imam.. ssst tahu saja pak :D

      Delete