Wednesday, 30 January 2013



Trowel (roskam) adalah alat untuk meratakan acian/ mortar halus di permukaan beton. Trowel (roskam) juga berfungsi untuk aplikasi perekat ubin pada berbagai macam jenis dan ukuran ubin. Dapat digunakan untuk membuat profil pada dinding (pola minimalis), meratakan screed dan aplikasi Pelapis Anti Bocor. Trowel (roskam) digunakan untuk mencegah adanya udara yang terjebak dalam aplikasi pemasangan keramik yang dapat menyebabkan popping. Dengan trowel pemakaian perekat keramik lebih hemat, karena ketebalan lebih konsisten. Ubin/keramik pun akan merekat sempurna.

Penyebab popping adalah:
  • Udara yang terjebak yang disebabkan pada saat pemasangan ubin adukan kurang penuh / merata.
  • Perbedaan muai susut keramik dan substrat dibawahnya.
  • Perbedaan daya serap air pada keramik dan substrat dibawahnya.
  • Pergerakan bangunan yang disebabkan struktur, gempa bumi, dsb.
Keuntungan memakai Trowel: 
  • Mencegah terjadinya rongga udara pada pemasangan ubin.
  • Aplikasi merata sehingga pemakaian bahan lebih hemat / terkontrol.
  • Multiguna; dapat digunakan untuk membuat profil pada dinding (pola minimalis),
  • Meratakan screed / plaster.


Pada saat pelaksanaan pengecoran, setelah beton segar dituangkan, dilakukan pekerjaan meratakan pemukaan beton tersebut sesuai dengan tebal dan jenis permukaan yang direncanakan.


Concrete trowel machine


Concrete trowel machine atau concrete power trowel adalah alat atau mesin yang digunakan untuk meratakan dan menghaluskan permukaan beton yang masih dalam proses pengerasan. 
Penyelesaian akhir permukaan beton dapat dilakukan dengan cara manual atau masinal.Penyelesaian secara manual menggunakan raskam/sendok dan dilakukan dengan tangan, sedangkan secara masinal menggunakan mesin trowel. 

Mesin trowel mempunyai dasar yang terdiri dari beberapa daun pelat baja yang dapat berputar dan menghaluskan permukaan beton. Permukaan yang diselesaikan dengan mesin trowel lebih kuat dan awet dibandingkan dengan pekerjaan tangan. Mesin trowel ini juga digunakan untuk meratakan/ mengamplas/ menghaluskan permukaan lantai andhesit atau batuan keras lainnya.


0 comments:

Post a Comment