Monday, 28 January 2013



Gorong-gorong adalah sebuah lubang pembuangan air atau pipa yang memungkinkan air untuk mengalir di bawah jalan, kereta api, jalan, atau obstruksi lainnya. Gorong-gorong berbeda dari jembatan terutama dalam ukuran dan konstruksi. Gorong-gorong umumnya lebih kecil daripada jembatan, mulai dari pipa 0,3 meter (1 ft) hingga struktur beton bertulang besar . Gorong-gorong biasanya dikelilingi oleh tanah.

Gorong-gorong merupakan bangunan yang dipakai untuk membawa aliran air (saluran irigasi atau pembuang) melewati bawah jalan air lainnya (biasanya saluran), di bawah jalan, atau jalan kereta api. Gorong-gorong juga digunakan sebagai jembatan ukuran kecil, digunakan untuk mengalirkan sungai kecil atau sebagai bagian drainase ataupun selokan jalan.


Konstruksi gorong-gorong

Rute transportasi melintas sungai dapat menggunakan jembatan atau gorong-gorong. Gorong-gorong tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk. Bentuk dapat meliputi bulat, elips, beralas datar, berbentuk buah pir, dan kotak / box. Gorong-gorong dapat terbuat dari beton, baja galvanis, aluminium, atau plastik, yang biasanya polyethylene mempunyai kerapatan / density   tinggi.



Dua atau lebih bahan dapat dikombinasikan untuk membentuk struktur komposit. Misalnya,  struktur baja bergelombang yang open-botomed atau terbuka di bagian bawah yang juga sering dibangun di atas pondasi beton. Plastik pengikat gorong-gorong  juga dimasukkan ke dalam beton yang rusak atau struktur baja dalam rangka untuk memperbaiki struktur tanpa menggali dan menutup jalan.

Gorong-gorong dapat dibuat dari berbagai jenis material:
  • Baja
  • Polyvinyl chlorida (PVC) 
  • Beton.


Gorong-gorong baja



Gorong-gorong baja biasanya menggunakan Corrugated Steel Pipe, kalau diterjemahkan secara bebas berarti Pipa Baja Bergelombang. Gorong gorong baja ini terutama dari jenis Multi Plate Pipe telah menjadi alternatif jembatan kayu dan box culvert beton , hal ini disebabkan gorong – gorong baja memiliki beberapa keuntungan dibanding dengan penggunaan kayu ataupun beton, di antara keuntungan tersebut antara lain :
  • Harga murah
  • Waktu pengerjaan cepat
  • Instalasi yang mudah, tidak memerlukan tenaga ahli khusus
  • Memiliki umur pakai yang panjang (bisa sampai 25 tahun)
  • Mudah dalam pengangkutan
  • Bisa dipindahkan dari satu titik ke titik lainnya apabila sudah tidak digunakan.


Gorong-gorong PVC



Gorong-gorong PVC biasanya digunakan untuk gorong-gorong dengan ukuran kecil. Pada tempat-tempat yang rendah dan tempat penyaluran air dari parit agar dibuatkan gorong-gorong sesuai dengan ukuran parit.

Gorong-gorong beton

Gorong-gorong beton disebut juga culvert box adalah gorong-gorong cor di pabrik (precast) ataupun dicor ditempat, dimensi tergantung kepada debit air yang akan dialirkan melalui gorong-gorong. Gorong-gorong yang dicor di pabrik dapat utuh dengan bentuk profil bulat atau persegi ataupun trapesium, ataupun modular yang terpisah atas dengan bawah.

Contohnya antara lain:

Box Culvert




Box Culvert adalah beton bertulang pra cetak berbentuk segi empat yang memiliki spigot dan socketnya.Kegunaan spigot dan socketnya ini adalah untuk menjadikan box culvert ini kedap akan masuknya air tanah (eksfiltrasi) dan tetap menyatu apabila terjadi pergeseran tanah.Box culvert biasanya dijadikan saluran drainase. Ukuran yang besar dapat dijadikan jembatan.

Arch Culvert



Arch Culvert menggabungkan kekuatan struktur dan estetika (keindahan). Arch Culvert menjadi alternatif pilihan bentuk gorong-gorong atau mengganti struktur jembatan konvensional.

0 comments:

Post a Comment