Monday 7 January 2013



Beton Precast atau juga disebut beton pracetak merupakan bahan beton yang telah dibuat di pabrik dengan bentuk sesuai cetakan, kemudian beton yang dicetak tersebut akan diangkut dan dipasang ke tempat lokasi konstruksi bangunan.Beton pracetak adalah produk konstruksi yang dihasilkan oleh pengecoran beton dalam cetakan yang dapat digunakan kembali. Sebaliknya, beton standar/biasa dicor dan dicuring di lapangan.



Dengan memproduksi beton pracetak dalam lingkungan yang terkendali/ di pabrik (biasanya disebut sebagai precast plant), beton pracetak ini dapat terbentuk dengan sempurna  dan diawasi secara ketat oleh karyawan pabrik. Memanfaatkan sistem Beton Precast memberikan potensi keuntungan yang banyak selama proses pengecoran beton di lapangan.  

Proses produksi beton precast dilakukan pada permukaan tanah, yang membantu dalam tingkat keselamatan kerja proyek keseluruhan. Terdapat kontrol yang lebih ketat pada kualitas bahan dan pengerjaan di pabrik pracetak daripada di lokasi konstruksiSecara finansial, cetakan-cetakan yang digunakan di pabrik pracetak dapat digunakan kembali ratusan hingga ribuan kali sebelum mereka harus diganti, yang memungkinkan biaya bekisting per unit lebih rendah daripada untuk produksi  langsung di lapangan proyek.



Ada berbagai jenis beton pracetak, yang membentuk sistem untuk aplikasi arsitektur, berbeda dalam ukuran, fungsi dan biaya. Panel arsitektur pracetak juga digunakan untuk melapisi semua atau bagian dari dinding fasade bangunan yang digunakan untuk lansekap, kedap suara (soundproofing), dan dinding keamanan, dan kadang dapat menjadi elemen dari struktur beton prategang. Drainase stormwater, air dan limbah pipa, dan terowongan menggunakan unit beton pracetak. Drainase stormwater, pipa air dan limbah, serta terowongan memanfaatkan unit beton pracetak.

Keuntungan

  • Memudahkan pekerjaan struktur maupun finishing
  • Menghemat biaya pekerjaan bangunan dibanding dengan cara konvensional / manual  karena tidak ada pekerjaan ulang
  • Beton precast sebelum bangunan didirikan sudah bisa dilihat bentuk atau desainnya.
  •  Mutu yang lebih terjamin.
  • Bentuk dan ukuran sudah pasti, lebih ringan dan rapi
  • Beton precast  tidak perlu memakai begisting lagi
  • Bisa di bentuk sesuai design yang kita inginkan

Contoh bangunan rumah yang memakai beton precast sebagai material utamanya. seperti menyusun puzzle :)

No comments:

Post a Comment