Thursday, 14 March 2013

Pengenalan Dan Penggunaan Papan Gipsum Atau Gypsum Board


Papan gipsum atau gypsum board merupakan material pelapis interior untuk dinding pembatas dan plafon gipsum, serta dapat diaplikasikan sebagai pelapis dinding bata. Saat ini, penggunaan papan gipsum untuk interior sudah semakin meluas, disebabkan oleh karakteristiknya yang tahan api dan finishing yang sangat baik, bobotnya pun ringan serta pengerjaan yang cepat dan kering. Papan gipsum pertama kali diperkenalkan pada tahun 1920-an, dan telah mengubah pandangan tentang konstruksi dinding interior. Gypsum board ini juga dikenal sebagai drywall/sheetrock atau papan gipsum/dinding gipsum.

Ada banyak keuntungan dari penggunaan gypsum board dibandingkan dengan dinding plester tradisional. Gypsum board atau papan gypsum biasa di gunakan untuk dinding ruangan dan partisi ruangan/(partisi gypsum), memiliki bentuk yang padat dan kering sehingga sangat memudahkan proses pemasangan atau konstruksinya. Tidak perlu membutuhkan waktu lama untuk menunggu plester untuk kering. Dan konstruksi atau pengerjaan tidak tergantung cuaca. Keuntungan tersebut dapat memudahkan para perancang dalam membangun konstruksi ruangan dan partisi ruangan kantor atau rumah.



Adapun Manfaat lain dari penggunaan gypsum board:
  • Harga gypsum board/papan gypsum lebih murah dan tidak memerlukan pengerjaan yang rumit
  • Perawatan dan perbaikan gypsum lebih mudah
  • Memiliki berat yang jauh lebih ringan dari dinding plaster, tekanan pada struktur dinding konstruksi lebih ringan
  • Papan gypsum lebih terhadap tahan api

Bagaimana Gypsum Board/Papan Gypsum di Buat

Bahan baku untuk drywall adalah gypsum yang merupakan mineral abu-abu keputihan juga dikenal sebagai kalsium sulfat. Zat ini, ditambang dari tanah, berisi kristal air sekitar 20% hal ini yang memberikan papan gipsum lebih tahanan terhadap api.



Setelah ditambang, material gypsum dihancurkan dan dikeringkan, kemudian dilakukan proses calcination pada gypsum, pada proses ini mengurangi kandungan kristal air. Ini memakan waktu sekitar setengah jam. Langkah selanjutnya adalah menambahkan air dan bahan lainnya untuk membentuk Plaster Paris (Dinamai setelah deposit gypsum besar di Montmartre di Paris). Plester kemudian terjepit di antara dua lembar kertas diperlakukan khusus untuk membentuk papan dinding selesai.


Ukuran Dan Jenis Gypsum Board/Papan Gypsum

Papan gypsum tersedia dalam berbagai ukuran, tetapi yang paling umum adalah lembaran tebal 8 – 12 mm, dengan ukuran 1.2 m x 2.4 m. Namun ukuran papan gypsum bisa disesuaikan dengan kebutuhan.



Jenis Papan Gypsum
Gypsum board/Papan gypsum juga memiliki berbagai macam merek antara lain, gypsum jayaboard, gypsum elephant, gypsum knauf dan gypsum aplus, dengan jenis sebagai berikut:
  • Tipe X, memiliki ketahanan terhadap panas atau api.
  • Jenis Vapor Barrier, biasanya dilengkapi dengan foil untuk menahan kelembaban
  • Inti papan gypsum anti air, biasa digunakan di dapur dan kamar mandi
  • Papan gypsum Exteror , untuk digunakan di langit-langit eksterior, sofit dan atap


Cara Pemasangan Gypsum

Pemasangan gypsum merupakan salah satu pelengkap dekorasi rumah selain sebagai partisi, gypsum dapat digunakan untuk plafond. Pemasangan gypsum/plafond gypsum pada ruangan dapat memaksimalkan kesan yang kita inginkan, namun pemasangan gypsum sebaiknya harus dengan cara yang benar dan tepat atau menggunakan tenaga ahli agar pemasangan gypsum menghasilkan kesan yang rapih dan indah sesuai dengan yang kita harapkan.



Teknik Pemasangan gypsum ada beberapa cara yang didasarkan pada jenis rangka penopang plafond gypsumnya, plafond gypsum yang menggunakan rangka kayu harus diserut agar rata dan pemasangan plafond gypsum jadi rapih. Sementara pemasangan plafond gypsum dengan rangka hollow jauh lebih cepat karena umumnya memiliki permukaan yang lebih presisi. Dan tentu pemasangan plafond gypsum dengan rangka hollow tahan terhadap rayap dibandingkan dengan pemasangan plafond gypsum dengan rangka kayu.



Pemasangan plafond partisi gypsum lebih menguntungkan di bandingkan dengan penggunaan kayu triplex, penggunaan triplex sangat mudah robek dan rusak sehingga untuk perbaikannya harus dilakukan pergantian. Sedangkan pemasangan partisi plafond gypsum cukup tahan lama dan tidak terlihat sambungannya, kekurangan dari pemasangan partisi gypsum rentan terhadap rembesan air dan harus di hindari namun untuk perawatan seperti ini plafond partisi gypsum cukup mudah solusinya


5 comments: