Tuesday, 12 March 2013

Pengertian Gutter Dan Aplikasinya



Gutter atau biasa disebut selokan, got maupun talang air, merupakan suatu jalur aliran air yang dibuat untuk menampung lalu mengalihkan atau membuang aliran air tersebut. Selokan adalah saluran untuk menyalurkan air pembuangan dan/atau air hujan untuk dibawa ke suatu tempat agar tidak menjadi masalah bagi lingkungan dan kesehatan. Selokan umumnya terdapat di pinggir jalan, didesain untuk mengalirkan kelebihan air hujan dan air permukaan dari jalan raya, tempat parkir, sisi jalan, dan atap.


Besarnya selokan / gutter dihitung atas dasar curah hujan tertinggi, aliran air buangan ataupun air tanah (khususnya didaerah pegunungan), ataupun dari waduk untuk mengalirkan air keperluan irigasi. kalau terlalu kecil dapat mengakibatkan air dari selokan meluap keluar dari selokan bahkan dapat mengakibatkan banjir. Agar air dalam selokan dapat berjalan dengan lancar perlu dilakukan perawatan selokan secara reguler untuk membuang aliran air dari sampah. Gutter diaplikasikan / diterapkan pada banyak tempat seperti rumah, gedung bertingkat, jalan raya dan sarana olahraga.



Talang Air Hujan

Talang air hujan / rain gutter adalah wadah atau tempat untuk menampung air yang mengalir dari atap gudang / pabrik / rumah agar air tersebut mengalir terarah ke suatu tempat yang dituju, dan air tidak berantakan kemana mana, talang air sebaiknya terbuat dari fiberglass karena lebih tahan lama dan tidak korosi atau bocor. Talang air hujan adalah sebuah palung yang sempit atau saluran yang mengumpulkan air hujan dari atap bangunan dan mengalihkan menjauh dari struktur, biasanya ke saluran pembuangan.



Box Gutter
Talang kotak, selokan paralel, atau palung adalah talang air di atap biasanya berbentuk persegi panjang, mungkin akan dilapisi dengan logam, atau bisa juga aspal, dan dapat dipasang tersembunyi di balik tembok pembatas atau pinggiran atap, atau di celah atap. Talang kotak pada dasarnya ditempatkan di antara permukaan paralel / sejajar, seperti di lembah antara atap paralel atau di persimpangan atap dan dinding tembok pembatas. Ketentuan dalam desain talang ini yaitu tergantung dari aliran hujan untuk outlet dengan kemiringan maksimum 1:200 dan minimal 1:400.



Selokan Jalan

Selokan jalan / Street gutter, suatu depresi yang membentang berdampingan dengan jalanan kota, biasanya di pinggir jalan dan mengalihkan air hujan dan mencegah air menggenang apabila hujan besar. Air yang menggenangi jalan atau bahu jalan akan mempercepat kerusakan jalan. Oleh karena itu drainase permukaan jalan merupakan hal yang harus diperhatikan dan dirawat secara reguler.





No comments:

Post a Comment