Thursday, 31 January 2013


Alumunium Composite Panel (ACP) adalah merupakan material perpaduan antara plat Alumunium dan bahan composite. Aluminium Composite Panel ( ACP) dapat digambarkan sebagai panel datar yang terdiri dari inti berbahan non-aluminium yang disatukan diantara dua lembar aluminium. Lembar aluminium dapat dilapisi dengan cat PVDF atau Polyester.
 
Jenis ACP menurut lapisan catnya terdiri dari 2 macam, yaitu jenis Polyester (PE) yang biasa banyak digunakan untuk interior, dan jenis PVDF (Poly Vinyl De Flouride) yang biasa di gunakan di eksterior, karena jenis ini tahan segala jenis cuaca,sehingga lapisan warna dapat bertahan lebih lama dibandingkan dengan jenis Polyester.
 
 

 
Alumunium Composite panel memiliki sifat dan daya tahan yang kuat terhadap air dan berbagai macam cuaca,oleh karna itu Alumunium Composite panel banyak digunakan sebagai panel pelapis dinding dari suatu bangunan baik di in door maupun out door, selain untuk aplikasi dinding Alumunium Composite Panel juga dapat di gunakan dalam berbagaimacam aplikasi salah satunya sebagai perangkat interior dan exterior.
 
Aluminium Composite panel terdiri dari berbagai macam warna sesuai dengan permintaan, ketebalan alumunium composite panel umumnya 4 mm. Aluminium composite panel, membuat gedung lebih menawan dan terkesan mewah.

 
ACP sering digunakan untuk:
  • interior dan exterior bangunan baru atau lama
  • gedung bertingkat tinggi (high rise building)
  • SPBU
  • pertokoan (ruko)
  • dealer otomotif 
  • papan iklan
  • billboards
  • display unit
  • kamar mandi, dll.  
 

Keunggulan

Keunggulan dari bahan composite ini adalah beratnya yang lebih ringan tetapi dengan kekuatan yang lebih tinggi, tahan karat, dengan biaya perakitan yang lebih murah karena berkurangnya jumlah komponen perakitannya dan tidak memerlukan baut-baut penyambung.

Sifat dasar aluminium composite panel adalah keras dan kaku tetapi ringan dalam berat. Dilapisi aluminium yang dapat diwarnai dengan bermacam – macam warna. Aluminium composite panel dipakai secara luas dengan atau tidak dengan warna metalik, juga dapat memakai pola warna imitasi dari material lain seperti kayu dan marmer.
 
 
 
 
Aplikasi Alucopan tidak terbatas pada bangunan tinggi eksternal, tetapi juga dapat digunakan dalam bentuk apapun seperti partisi, langit-langit buatan dll. Aluminium Composite Panel juga banyak digunakan dalam industri furniture untuk penampilan yang lebih elegan. ACP juga secara luas digunakan dalam industri signage sebagai bahan alternatif menggantikan bahan substrat yang lebih berat dan mahal.
 
 
 
Aluminium Composite Panel sanggup memberikan nilai tambah pada bangunan atau gedung yang menggunakan Aluminium Composite Panel. Pemesanan dan pengaplikasian Aluminium Composite Panel yang mudah serta warna-warni yang terdapat pada produk ini membuat banyak kontraktor / developer berminat untuk mempertegas kesan dari bangunan/gedung yang mereka kerjakan. Selain itu dengan harga Aluminium Composite Panel yang terjangkau, bangunan / gedung pun memiliki nilai tambah dan semakin megah.  
 
Aluminium Composite Panel dewasa ini sangatlah populer karena perawatannya sangat mudah dilakukan, Alumunium composite panel dapat dibersihkan kembali apabila sudah terlihat kotor.

Wednesday, 30 January 2013



Trowel (roskam) adalah alat untuk meratakan acian/ mortar halus di permukaan beton. Trowel (roskam) juga berfungsi untuk aplikasi perekat ubin pada berbagai macam jenis dan ukuran ubin. Dapat digunakan untuk membuat profil pada dinding (pola minimalis), meratakan screed dan aplikasi Pelapis Anti Bocor. Trowel (roskam) digunakan untuk mencegah adanya udara yang terjebak dalam aplikasi pemasangan keramik yang dapat menyebabkan popping. Dengan trowel pemakaian perekat keramik lebih hemat, karena ketebalan lebih konsisten. Ubin/keramik pun akan merekat sempurna.

Penyebab popping adalah:
  • Udara yang terjebak yang disebabkan pada saat pemasangan ubin adukan kurang penuh / merata.
  • Perbedaan muai susut keramik dan substrat dibawahnya.
  • Perbedaan daya serap air pada keramik dan substrat dibawahnya.
  • Pergerakan bangunan yang disebabkan struktur, gempa bumi, dsb.
Keuntungan memakai Trowel: 
  • Mencegah terjadinya rongga udara pada pemasangan ubin.
  • Aplikasi merata sehingga pemakaian bahan lebih hemat / terkontrol.
  • Multiguna; dapat digunakan untuk membuat profil pada dinding (pola minimalis),
  • Meratakan screed / plaster.


Pada saat pelaksanaan pengecoran, setelah beton segar dituangkan, dilakukan pekerjaan meratakan pemukaan beton tersebut sesuai dengan tebal dan jenis permukaan yang direncanakan.


Concrete trowel machine


Concrete trowel machine atau concrete power trowel adalah alat atau mesin yang digunakan untuk meratakan dan menghaluskan permukaan beton yang masih dalam proses pengerasan. 
Penyelesaian akhir permukaan beton dapat dilakukan dengan cara manual atau masinal.Penyelesaian secara manual menggunakan raskam/sendok dan dilakukan dengan tangan, sedangkan secara masinal menggunakan mesin trowel. 

Mesin trowel mempunyai dasar yang terdiri dari beberapa daun pelat baja yang dapat berputar dan menghaluskan permukaan beton. Permukaan yang diselesaikan dengan mesin trowel lebih kuat dan awet dibandingkan dengan pekerjaan tangan. Mesin trowel ini juga digunakan untuk meratakan/ mengamplas/ menghaluskan permukaan lantai andhesit atau batuan keras lainnya.


Tuesday, 29 January 2013




pemecah gelombang atau dikenal sebagai pemecah ombak atau bahasa inggris breakwater adalah prasarana yang dibangun untuk memecahkan ombak/gelombang,dengan menyerap sebagian energi gelombang. pemecah gelombang digunakan untuk mengendalikan  abrasi yang menggerus garis pantai. dan untuk menenangkan gelombang di pelabuhan sehingga kapal dapat merapat di pelabuhan dengan lebih mudah dan cepat.

Pemecah gelombang harus di desain sedemikian sehingga arus laut tidak menyebabkan pendangkalan karena pasir yang ikut dalam arus mengendap di kolam pelabuhan. bila hal ini terjadi maka pelabuhan perlu dikeruk secara reguler.




secara garis besar terdapat dua jenis konstruksi breakwater yaitu Shore-connected Breakwater ( pemecah gelombang sambung pantai ) dan Offshore Breakwater atau pemecah gelombang lepas pantai ( CERC, SPM. Vol. 1, 1984 ). Shore-connected Breakwater merupakan jenis struktur yang berhubungan langsung dengan pantai atau daratan, sedangkan Offshore Breakwater adalah konstruksi breakwater yang tidak berhubungan dengan garis pantai dan dibuat sejajar pantai dan berada pada jarak tertentu dari garis pantai. Bangunan ini direncanakan untuk melindungi  pantai yang terletak di belakangnya dari serangan gelombang serta dapat didesain sedemikian  rupa sehingga memungkinkan terjadi limpasan gelombang yang dapat mengurangi terbentuknya tembolo yaitu endapan sedimen di belakang struktur. Namun demikian kedua jenis struktur tersebut mempunyai beberapa kesamaan umum dalam hal kegunaan. 



Perlindungan kawasan pantai maupun pelabuhan dengan menggunakan konstruksi breakwater harus mempertimbangkan kondisi dimana  breakwater tersebut ditempatkan. Ditinjau dari bentuk penampang melintangnya,  breakwater dapat dibedakan menjadi tiga kelompok (Triatmodjo, 1999 ) yaitu:
  1. Pemecah gelombang dengan sisi miring
  2. Pemecah gelombang dengan sisi tegak, dan 
  3. Pemecah gelombang bertipe campuran. 

Fungsi

Bangunan ini berfungsi untuk melindungi pantai yang terletak di belakangnya dari serangan gelombang yang dapat mengakibatkan erosi pada pantai. perlindungan oleh pemecah gelombang lepas pantai terjadi karena berkurangnya energi gelombang yang sampai di perairan di belakang bangunan.



karena pemecah gelombang ini dibuat terpisah ke arah lepas pantai, tetapi masih di dalam  zona gelombang pecah (breaking zone). Maka bagian sisi luar pemecah gelombang memberikan perlindungan dengan meredam energi gelombang sehingga gelombang dan arus di belakangnya dapat dikurangi.



Gelombang yang menjalar mengenai suatu bangunan peredam gelombang sebagian energinya akan dipantulkan (refleksi), sebagian diteruskan (transmisi) dan sebagian dihancurkan (dissipasi) melalui pecahnya gelombang, kekentalan fluida, gesekan dasar dan lain lainnya. Pembagian besarnya energi gelombang yang dipantulkan, dihancurkan dan diteruskan tergantung karakteristik gelombang datang (periode, tinggi, kedalaman air), tipe bangunan peredam gelombang (permukaan halus dan kasar, lulus air dan tidak lulus air) dan geometrik bangunan peredam (kemiringan, elevasi dan puncak bangunan)

Material

Untuk tipe sisi tegak pemecah gelombang bisa dibuat dari material - material seperti pasangan batu, sel turap baja yang didalamnya diisi tanah atau batu, tumpukan buis beton, dinding turap baja atau beton, kaison beton dan lain sebagainya


Caisson Breakwater


sementara untuk tipe bangunan sisi miring, pemecah gelombang lepas pantai bisa dibuat dari beberapa lapisan material yang ditumpuk dan dibentuk sedemikian rupa sehingga terlihat seperti sebuah gundukan besar batu, dengan lapisan terluar dari material dengan butiran sangat besar.



Konstruksi terdiri dari beberapa lapisan yaitu:
Inti (core) pada umumnya terdiri dari agregat galian kasar, tanpa partikel-partikel halus dari debu dan pasir.
2Lapisan bawah pertama (under layer) disebut juga lapisan penyaring (filter layer) yang melindungi bagian inti terhadap penghanyutan material, biasanya terdiri dari potongan-potongan tunggal batu dengan berat bervariasi dari 500 kg sampai dengan 1 ton.
3Lapisan pelindung utama (main armor layer) seperti namanya, merupakan pertahanan utama dari pemecah gelombang terhadap serangan gelombang. Pada lapisan inilah biasanya batu batuan ukuran besar dengan berat antara 1-3 ton atau bisa juga menggunakan batu buatan dari beton dengan bentuk khusus dan ukuran yang sangat besar seperti tetrapod, quadripod, dolos, tribar, xbloc, accropode dan lain lain.



Model Konstruksi


Rubble-Mound Breakwater

Untuk kedalaman kolam labuh yang relatif dangkal dapat digunakan pemecah gelombang bersisi miring semisal Rubble-Mound Breakwater, sedangkan untuk kedalaman kolam labuh yang cukup besar lebih sesuai  apabila menggunakan model konstruksi  breakwater berdinding vertikal atau tegak  yaitu  dengan maksud  untuk mengurangi jumlah material penyusunnya. 


cellular cofferdam

Model breakwater seperti ini dicontohkan dengan tipe  cellular cofferdam yaitu suatu konstruksi yang menggunakan sheet pile secara langsung, dimana pile tersebut saling menutup atau mengunci ( interlocking ) satu  dengan yang  lain sehingga membentuk suatu rangkaian elemen  ( cell )  dimana cell  tersebut berisikan material yang tak kohesif seperti pasir  untuk pemberat struktur  di bagian bawahnya sedangkan bagian atasnya terdiri dari batu lindung yang dapat berfungsi menjaga stabilitas struktur akibat pengaruh gelombang.


cellular cofferdam


Konstruksi  breakwater tipe  cellular cofferdam seperti  halnya  beberapa jenis  Offshore Breakwater yang lain  dibangun dengan  puncak elevasi struktur yang mendekati Mean Sea Level  ( MSL ), sehingga hal tersebut memungkinkan energi yang menyertai terjadinya gelombang dapat diteruskan melalui breakwater. Kondisi tersebut dinamakan dengan istilah keadaan overtopping atau kondisi gelombang dapat melimpas. Alasan struktur dibangun dengan kondisi  overtopping adalah untuk pertimbangan disain secara ekonomis, dan juga karena pertimbangan kondisi gelombang rata-rata yang terjadi cukup kecil.


Monday, 28 January 2013



Gorong-gorong adalah sebuah lubang pembuangan air atau pipa yang memungkinkan air untuk mengalir di bawah jalan, kereta api, jalan, atau obstruksi lainnya. Gorong-gorong berbeda dari jembatan terutama dalam ukuran dan konstruksi. Gorong-gorong umumnya lebih kecil daripada jembatan, mulai dari pipa 0,3 meter (1 ft) hingga struktur beton bertulang besar . Gorong-gorong biasanya dikelilingi oleh tanah.

Gorong-gorong merupakan bangunan yang dipakai untuk membawa aliran air (saluran irigasi atau pembuang) melewati bawah jalan air lainnya (biasanya saluran), di bawah jalan, atau jalan kereta api. Gorong-gorong juga digunakan sebagai jembatan ukuran kecil, digunakan untuk mengalirkan sungai kecil atau sebagai bagian drainase ataupun selokan jalan.


Konstruksi gorong-gorong

Rute transportasi melintas sungai dapat menggunakan jembatan atau gorong-gorong. Gorong-gorong tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk. Bentuk dapat meliputi bulat, elips, beralas datar, berbentuk buah pir, dan kotak / box. Gorong-gorong dapat terbuat dari beton, baja galvanis, aluminium, atau plastik, yang biasanya polyethylene mempunyai kerapatan / density   tinggi.



Dua atau lebih bahan dapat dikombinasikan untuk membentuk struktur komposit. Misalnya,  struktur baja bergelombang yang open-botomed atau terbuka di bagian bawah yang juga sering dibangun di atas pondasi beton. Plastik pengikat gorong-gorong  juga dimasukkan ke dalam beton yang rusak atau struktur baja dalam rangka untuk memperbaiki struktur tanpa menggali dan menutup jalan.

Gorong-gorong dapat dibuat dari berbagai jenis material:
  • Baja
  • Polyvinyl chlorida (PVC) 
  • Beton.


Gorong-gorong baja



Gorong-gorong baja biasanya menggunakan Corrugated Steel Pipe, kalau diterjemahkan secara bebas berarti Pipa Baja Bergelombang. Gorong gorong baja ini terutama dari jenis Multi Plate Pipe telah menjadi alternatif jembatan kayu dan box culvert beton , hal ini disebabkan gorong – gorong baja memiliki beberapa keuntungan dibanding dengan penggunaan kayu ataupun beton, di antara keuntungan tersebut antara lain :
  • Harga murah
  • Waktu pengerjaan cepat
  • Instalasi yang mudah, tidak memerlukan tenaga ahli khusus
  • Memiliki umur pakai yang panjang (bisa sampai 25 tahun)
  • Mudah dalam pengangkutan
  • Bisa dipindahkan dari satu titik ke titik lainnya apabila sudah tidak digunakan.


Gorong-gorong PVC



Gorong-gorong PVC biasanya digunakan untuk gorong-gorong dengan ukuran kecil. Pada tempat-tempat yang rendah dan tempat penyaluran air dari parit agar dibuatkan gorong-gorong sesuai dengan ukuran parit.

Gorong-gorong beton

Gorong-gorong beton disebut juga culvert box adalah gorong-gorong cor di pabrik (precast) ataupun dicor ditempat, dimensi tergantung kepada debit air yang akan dialirkan melalui gorong-gorong. Gorong-gorong yang dicor di pabrik dapat utuh dengan bentuk profil bulat atau persegi ataupun trapesium, ataupun modular yang terpisah atas dengan bawah.

Contohnya antara lain:

Box Culvert




Box Culvert adalah beton bertulang pra cetak berbentuk segi empat yang memiliki spigot dan socketnya.Kegunaan spigot dan socketnya ini adalah untuk menjadikan box culvert ini kedap akan masuknya air tanah (eksfiltrasi) dan tetap menyatu apabila terjadi pergeseran tanah.Box culvert biasanya dijadikan saluran drainase. Ukuran yang besar dapat dijadikan jembatan.

Arch Culvert



Arch Culvert menggabungkan kekuatan struktur dan estetika (keindahan). Arch Culvert menjadi alternatif pilihan bentuk gorong-gorong atau mengganti struktur jembatan konvensional.

Saturday, 26 January 2013




Perkerasan jalan adalah campuran antara agregat dan bahan ikat yang digunakan untuk melayani beban lalu lintas. Agregat yang biasanya dipakai dalam perkerasan jalan adalah batu pecah, batu belah, batu kali dan hasil samping peleburan baja. Sedangkan bahan ikat yang dipakai antara lain semen, aspal dan tanah liat.

Pada umumnya, perkerasan jalan terdiri dari beberapa jenis lapisan perkerasan yang tersusun dari bawah ke atas,sebagai berikut :
  • Lapisan tanah dasar (sub grade)
  • Lapisan pondasi bawah (subbase course)
  • Lapisan pondasi atas (base course)
  • Lapisan permukaan / penutup (surface course) 



Terdapat beberapa jenis / tipe perkerasan yaitu:
  1. Flexible pavement (perkerasan lentur).
  2. Rigid pavement (perkerasan kaku).
  3. Composite pavement (gabungan rigid dan flexible pavement). 

Perkerasan Lentur (Flexible Pavement)



Lapisan perkerasan jalan berfungsi untuk menerima beban lalu-lintas dan menyebarkannya ke lapisan di bawahnya terus ke tanah dasar 

Lapisan Tanah Dasar (Subgrade)

Lapisan tanah dasar adalah lapisan tanah yang berfungsi sebagai tempat perletakan lapis perkerasan dan mendukung konstruksi perkerasan jalan diatasnya. Menurut Spesifikasi, tanah dasar adalah lapisan paling atas dari timbunan badan jalan setebal 30 cm, yang mempunyai persyaratan tertentu sesuai fungsinya, yaitu yang berkenaan dengan kepadatan dan daya dukungnya (CBR).
Lapisan tanah dasar dapat berupa tanah asli yang dipadatkan jika tanah aslinya baik, atau tanah urugan yang didatangkan dari tempat lain atau tanah yang distabilisasi dan lain lain.

Ditinjau dari muka tanah asli, maka lapisan tanah dasar dibedakan atas :
  • Lapisan tanah dasar, tanah galian.
  • Lapisan tanah dasar, tanah urugan.
  • Lapisan tanah dasar, tanah asli.
Kekuatan dan keawetan konstruksi perkerasan jalan sangat tergantung dari sifat-sifat dan daya dukung tanah dasar.
Umumnya persoalan yang menyangkut tanah dasar adalah sebagai berikut :
  • Perubahan bentuk tetap (deformasi permanen) akibat beban lalu lintas.
  • Sifat mengembang dan menyusutnya tanah akibat perubahan kadar air.
  • Daya dukung tanah yang tidak merata akibat adanya perbedaan sifat-sifat tanah pada lokasi yang berdekatan atau akibat kesalahan pelaksanaan misalnya kepadatan yang kurang baik. 

Lapisan Pondasi Bawah (Subbase Course)

Lapis pondasi bawah adalah lapisan perkerasan yang terletak di atas lapisan tanah dasar dan di bawah lapis pondasi atas.
Lapis pondasi bawah ini berfungsi sebagai :
  • Bagian dari konstruksi perkerasan untuk menyebarkan beban roda ke tanah dasar.
  • Lapis peresapan, agar air tanah tidak berkumpul di pondasi.
  • Lapisan untuk mencegah partikel-partikel halus dari tanah dasar naik ke lapis pondasi atas.
  • Lapis pelindung lapisan tanah dasar dari beban roda-roda alat berat (akibat lemahnya daya dukung tanah dasar) pada awal-awal pelaksanaan pekerjaan.
  • Lapis pelindung lapisan tanah dasar dari pengaruh cuaca terutama hujan. 

Lapisan pondasi atas (base course)

Lapisan pondasi atas adalah lapisan perkerasan yang terletak di antara lapis pondasi bawah dan lapis permukaan.
Lapisan pondasi atas ini berfungsi sebagai :
  • Bagian perkerasan yang menahan gaya lintang dari beban roda dan menyebarkan beban ke lapisan di bawahnya.
  • Bantalan terhadap lapisan permukaan.
Bahan-bahan untuk lapis pondasi atas ini harus cukup kuat dan awet sehingga dapat menahan beban-beban roda.
Dalam penentuan bahan lapis pondasi ini perlu dipertimbangkan beberapa hal antara lain, kecukupan bahan setempat, harga, volume pekerjaan dan jarak angkut bahan ke lapangan. 

Lapisan Permukaan (Surface Course)

Lapisan permukaan adalah lapisan yang bersentuhan langsung dengan beban roda kendaraan.
Lapisan permukaan ini berfungsi sebagai :
  • Lapisan yang langsung menahan akibat beban roda kendaraan.
  • Lapisan yang langsung menahan gesekan akibat rem kendaraan (lapisaus).
  • Lapisan yang mencegah air hujan yang jatuh di atasnya tidak meresap ke lapisan bawahnya dan melemahkan lapisan tersebut.
  • Lapisan yang menyebarkan beban ke lapisan bawah, sehingga dapat dipikul oleh lapisan di bawahnya.
Apabila dperlukan, dapat juga dipasang suatu lapis penutup / lapis aus (wearing course) di atas lapis permukaan tersebut.
Fungsi lapis aus ini adalah sebagai lapisan pelindung bagi lapis permukaan untuk mencegah masuknya air dan untuk memberikankekesatan (skid resistance) permukaan jalan. Apis aus tidak diperhitungkan ikut memikul beban lalu lintas. 

Perkerasan Kaku


Perkerasan jalan beton semen atau secara umum disebut perkerasan kaku, terdiri atas plat (slab) beton semen sebagai lapis pondasi dan lapis pondasi bawah (bisa juga tidak ada) di atas tanah dasar. Dalam konstruksi perkerasan kaku, plat beton sering disebut sebagai lapis pondasi karena dimungkinkan masih adanya lapisan aspal beton di atasnya yang berfungsi sebagai lapis permukaan.

Perkerasan beton yang kaku dan memiliki modulus elastisitas yang tinggi, akan mendistribusikan beban ke bidang tanah dasra yang cukup luas sehingga bagian terbesar dari kapasitas struktur perkerasan diperoleh dari plat beton sendiri. Hal ini berbeda dengan perkerasan lentur dimana kekuatan perkerasan diperoleh dari tebal lapis pondasi bawah, lapis pondasi dan lapis permukaan.

Karena yang paling penting adalah mengetahui kapasitas struktur yang menanggung beban, maka faktor yang paling diperhatikan dalam perencanaan tebal perkerasan beton semen adalah kekuatan beton itu sendiri. Adanya beragam kekuatan dari tanah dasar dan atau pondasi hanya berpengaruh kecil terhadap kapasitas struktural perkerasannya.
Lapis pondasi bawah jika digunakan di bawah plat beton karena beberapa pertimbangan, yaitu antara lain untuk menghindari terjadinya pumping, kendali terhadap sistem drainasi, kendali terhadap kembang-susut yang terjadi pada tanah dasar dan untuk menyediakan lantai kerja (working platform) untuk pekerjaan konstruksi.

Secara lebih spesifik, fungsi dari lapis pondasi bawah adalah :
  • Menyediakan lapisan yang seragam, stabil dan permanen.
  • Menaikkan harga modulus reaksi tanah dasar (modulus of sub-grade reaction = k), menjadi modulus reaksi gabungan (modulus of composite reaction).
  • Mengurangi kemungkinan terjadinya retak-retak pada plat beton.
  • Menyediakan lantai kerja bagi alat-alat berat selama masa konstruksi.
Menghindari terjadinya pumping, yaitu keluarnya butir-butiran halus tanah bersama air pada daerah sambungan, retakan atau pada bagian pinggir perkerasan, akibat lendutan atau gerakan vertikal plat beton karena beban lalu lintas, setelah adanya air bebas terakumulasi di bawah pelat.
Pemilihan penggunaan jenis perkerasan kaku dibandingkan dengan perkerasan lentur yang sudah lama dikenal dan lebih sering digunakan, dilakukan berdasarkan keuntungan dan kerugian masing-masing jenis perkerasan tersebut.

Jenis-jenis perkerasan jalan beton semen

Berdasarkan adanya sambungan dan tulangan plat beton perkerasan kaku, perkerasan beton semen dapat diklasifikasikan menjadi 3 jenis sebagai berikut : 
  • Perkerasan beton semen biasa dengan sambungan tanpa tulangan untuk kendali retak.
  • Perkerasan beton semen biasa dengan sambungan dengan tulangan plat untuk kendali retak. Untuk kendali retak digunakan wire mesh diantara siar dan penggunaannya independen terhadap adanya tulangan dowel.
  • Perkerasan beton bertulang menerus (tanpa sambungan). Tulangan beton terdiri dari baja tulangan dengan prosentasi besi yang relatif cukup banyak (0,02 % dari luas penampang beton). 

Pada saat ini, jenis perkerasan beton semen yang populer dan banyak digunakan di negara-negara maju adalah jenis perkerasan beton bertulang menerus. 

Perkerasan Komposit 



Perkerasan komposit merupakan gabungan konstruksi perkerasan kaku (rigid pavement) dan lapisan perkerasan lentur (flexible pavement) di atasnya, dimana kedua jenis perkerasan ini bekerja sama dalam memilkul beban lalu lintas. Untuk ini maka perlu ada persyaratan ketebalan perkerasan aspal agar mempunyai kekakuan yang cukup serta dapat mencegah retak refleksi dari perkerasan beton di bawahnya.

Konstruksi ini umumnya mempunyai tingkat kenyamanan yang lebih baik bagi pengendara dibandingkan dengan konstruksi perkerasan beton semen sebagai lapis permukaan tanpa aspal.

Perbandingan Antara Perkerasan Kaku Dan Lentur





Friday, 25 January 2013



Burj Khalifa adalah bangunan tertinggi di dunia yang pernah dibuat oleh manusia. Burj Khalifa (bahasa Arab) berarti 'Menara Khalifa', sebelumnya bernama Burj Dubai, adalah sebuah pencakar langit di Dubai, Uni Emirat Arab yang diresmikan pembukaannya pada 4 Januari 2010. Ketinggian pencakar langit ini adalah 828 meter (2.717 kaki).


Burj Khalifa dirancang untuk menjadi pusat dari pembangunan skala besar, serba guna yang akan mencakup 30.000 rumah, sembilan hotel (termasuk The Address Downtown Dubai), 3 hektar (7,4 hektar) dari taman, setidaknya 19 menara perumahan, Dubai Mall, dan 12-hektar (30-acre)  Danau buatan manusia.

Keputusan untuk membangun Burj Khalifa yaitu berdasarkan keputusan pemerintah untuk diversifikasi dari ekonomi berbasis minyak ke salah satu yang berbasis jasa dan pariwisata. Menurut para pejabat, perlu untuk proyek-proyek seperti Burj Khalifa yang akan dibangun di kota untuk mengumpulkan pengakuan lebih internasional, dan tentunya investasi. "Dia (Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum) ingin menempatkan Dubai di peta dengan sesuatu yang sangat sensasional," kata Jacqui Josephson, seorang pariwisata dan VIP eksekutif delegasi di Nakheel Properties.


Konstruksi


Menara ini dibangun oleh perusahaan Korea Selatan, Samsung Engineering & Construction, yang juga melakukan pekerjaan pada Menara Kembar Petronas dan Taipei 101. Samsung Engineering & Construction membangun menara bekerjasama dengan Besix dari Belgia dan Arabtec dari UEA. Turner adalah Manajer Proyek pada kontrak konstruksi utama.
Di bawah hukum UEA, Kontraktor dan Catatan Engineer, Consulting Hyder,  hampir sepenuhnya bertanggung jawab  atas kinerja Burj Khalifa.



Struktur primernya beton bertulang. Putzmeister menciptakan, pompa trailer beton bertekanan super tinggi yang baru, yaitu BSA 14000 SHP-D, untuk proyek ini. Lebih dari 45.000 m3 (58.900 cu yd) dari beton, dengan berat lebih dari 110.000 ton (120.000 ton singkat, 110.000 ton panjang) digunakan untuk membangun fondasi beton dan baja, yang memiliki 192 tumpukan, tumpukan masing-masing 1,5 meter diameter x 43 m panjang , dikubur lebih dari 50 m (164 ft) dalam. Konstruksi Burj Khalifa digunakan 330.000 m3 (431.600 cu yd) dari beton dan 55.000 ton (61.000 ton singkat, 54.000 ton panjang) baja tulangan, dan konstruksi memakan 22 juta jam kerja.

Sebuah kepadatan tinggi, beton permeabilitas rendah digunakan dalam pondasi Burj Khalifa. Sebuah sistem proteksi katodik di bawah alas digunakan untuk meminimalkan efek merugikan dari bahan kimia korosif dalam air tanah setempat. Pada bulan Mei 2008 Putzmeister memompakan beton untuk ketinggian pengiriman rekor dunia saat itu dari 606 m (1.988 ft), lantai 156th. Tiga tower crane yang digunakan selama pembangunan tingkat paling atas, masing-masing mampu mengangkat beban 25 ton. Struktur yang tersisa di atas terbuat dari baja ringan.

Burj Khalifa sangat terkompartementalisasi. lantai berlindung yang bertekanan, dan ber-AC  yang terletak kira-kira setiap 35 lantai di mana orang dapat berlindung di untuk keselamatan dalam keadaan darurat atau kebakaran.

Campuran beton khusus dibuat untuk menahan tekanan yang ekstrim dari berat bangunan besar, sebagaimana yang sering terjadi dengan konstruksi beton bertulang, setiap batch beton yang digunakan diuji untuk memastikan itu bisa menahan tekanan tertentu. CTLGroup, bekerja untuk SOM, melakukan pengujian creep dan pengujian susut penting untuk analisis struktur bangunan.

Konsistensi beton yang digunakan dalam proyek ini adalah penting. Hal itu sulit untuk membuat beton yang bisa menahan kedua ribuan ton bantalan di atas itu dan di Teluk Persia suhu dapat mencapai 50 ° C (122 ° F). Untuk mengatasi masalah ini, beton tidak dituangkan siang hari. Sebaliknya, selama musim panas es ditambahkan ke dalam campuran dan itu dicor/dituangkan pada malam hari saat udara dingin dan kelembaban yang lebih tinggi. Sebuah obat campuran beton digunakan agar beton tidak mudah retak. Ada yang retak signifikan yang bisa menempatkan seluruh proyek dalam bahaya.

Pondasi

Superstruktur ini didukung oleh alas beton bertulang yang besar, yang selanjutnya didukung oleh bor tiang pancang beton bertulang. Desain ini didasarkan pada studi geoteknik dan seismik yang ekstensif. Alas/mat tebalnya adalah 3,7 meter dan pengecoran sebesar 12.500 meter kubik beton dalam 4 pengecoran terpisah. Tiang pancang 1,5 meter diameter x panjang 43 meter mewakili pondasi konvensional terbesar dan terpanjang yang tersedia di wilayah tersebut. Sebuah kepadatan tinggi, beton permeabilitas rendah digunakan dalam pondasi, serta sistem proteksi katodik di bawah keset, untuk meminimalkan efek merugikan dari bahan kimia korosif dalam air tanah setempat.

Podium

Podium memberikan dasar penjangkaran/anchoring menara ke tanah, memungkinkan akses kelas dari tiga sisi yang berbeda untuk tiga tingkat yang berbeda dari bangunan. Paviliun masuk yang sepenuhnya mengkilap/glazed dibangun dengan kabel struktur-net  yang ditangguhkan, menyediakan entri terpisah untuk Corporate Suites di Tingkat B1 dan Concourse, Burj Khalifa residence di Ground Level dan Hotel Armani di Level 1.



Fakta Burj Khalifa

  • Burj Dubai adalah struktur buatan manusia tertinggi di dunia, melebihi Menara KVLY-TV di North Dakota serta Warszawa Mast Radio , struktur tertinggi sebelumnya pernah dibangun.

  • Burj Dubai memiliki nama resmi berubah menjadi Burj Khalifa selama grand opening untuk menghormati presiden UAEHH Sheikh Khalifa bin Zayed al Nahyan.
  • Insinyur yang bekerja pada desain dianggap memasang triple-decker lift, yang akan menjadi yang pertama di dunia. Bahkan, bangunan direalisasikan menggunakan double-decker lift.
  • Air kondensasi dikumpulkan dari sistem A / C setara dengan 20 ukuran Olimpiade kolam renang per tahun dan pada gilirannya, digunakan untuk lansekap.
  • Lebih dari 330.000 meter kubik beton dan 31.400 metrik ton baja rebar digunakan pada penyelesaian menara.
  • Menara ini terletak di sebuah danau buatan manusia yang dirancang untuk membungkus di sekitar menara dan memberikan pemandangan dramatis itu.
  • Bagian atas bangunan berisi dek observasi publik dan klub pribadi di atas itu.
  • Burj Dubai memiliki lobi langit pada tingkat 43, 76 dan 123.Ruang ini menawarkan kebugaran dan fasilitas spa. Lobi-lobi di tingkat 43 dan 76 masing-masing memiliki kolam renang dan ruang rekreasi untuk resepsi dan pertemuan lainnya.
  • Ini adalah bangunan tertinggi di dunia pertama sejak zaman prasejarah untuk menyertakan ruang hunian.
  • Sistem cladding dirancang untuk menahan suhu ekstrim Dubai musim panas.
  • The cladding eksterior dari kaca reflektif dengan aluminium dan bertekstur panel gerbang stainless steel dengan sirip vertikal tubular dari stainless steel.
  • Sebanyak 45.000 meter kubik beton yang digunakan dalam yayasan dengan berat lebih dari 110.000 ton.
  • Bangunan duduk di podium beton dan baja dengan 192 tumpukan turun ke kedalaman lebih dari 50 meter (164 kaki).
  • Bangunan itu diputar 120 derajat untuk memungkinkan kurang stres dari angin yang berlaku.
  • Sebuah dek observasi akan menempati lantai 124.
  • Lantai hunian tertinggi akan tingkat 109.
  • "Burj" adalah bahasa Arab untuk "Menara".
  • Desain oleh Skidmore Owings & Merrill menggantikan rencana untuk menggunakan kembali desain untuk Menara Grollo  , yang diusulkan di Melbourne beberapa tahun sebelumnya.
  • Burj Dubai menjadi tertinggi di dunia bertingkat tinggi bangunan pada tanggal 24 Juli 2007, dan tertinggi di dunia mandiri struktur pada tanggal 12 September 2007.
  • Dirancang oleh Adrian Smith D., Faia, RIBA Desain Partner di Skidmore Owings & Merrill LLP.
  • Meski bentuknya bangunan menyerupai konsep tabung dibundel dari Menara Willis , itu sangat berbeda secara struktural dan secara teknis bukan merupakan struktur tabung.
  • Sebuah referensi halus untuk kubah-kubah bawang dari arsitektur Islam dapat ditemukan dalam siluet bangunan saat mencari di lobus dari dekat pangkalan.
  • Jejak triple-lobed bangunan didasarkan pada asli bunga padang pasir disarikan ke wilayah tersebut.
  • Kecepatan maksimum Lift adalah 600  m / min.

Data Burj Khalifa

LokasiDubai, Uni Emirat Arab
StatusSelesai
Groundbreaking21 September 2004
Pembukaan4 Januari 2010
PenggunaanMixed-use
Ketinggian
Antena/puncak828 m (2,717 kaki)
Atap828 m (2,717 kaki)
Lantai teratas6.213 m (20,384 kaki)
Detail teknis
Jumlah lantai160 lantai yang dapat dihuni
Area lantai334.000 m² (3,595,100 ft²)
Perusahaan
ArsitekSkidmore, Owings and Merrill
Insinyur
Struktural
Bill Baker at SOM
KontraktorJoint venture between Samsung C&T, Besix; and Arabtec
Supervision Consultant & Architect of Record Hyder Consulting
Consutruction Project Manager Turner Construction
Grocon
Planning Bauer AG and Middle East Foundations
Lift contractor Otis
VT consultant Lerch Bates
PengembangEmaar

Struktur secara umum


                     pencakar langit

                   ditopang inti

                     baja beton

                       pondasi tiang

                          stainless steel

dinding tirai

 abu-abu muda

                        modernisme

                              atap meruncing  dengan puncak menara



Data Teknis


829,00 m

828,00 m

739,44 m

681,82 m

604,90 m

452,10 m

163

Maret 2004

Januari 2010

57

8

3,000

$ 1500000000